PENYEBAB INDONESIA DAN MALAYSIA SERING BERSITEGANG 


Hay guys ....ketemu lagi sama gw . kali ini gw mau nulis postingan kedua di blog tercinta gw ini .

sekalian gw mau ngucapin selamat menjalan kan ibadah puasa, buat temen-temen keluarga dan saudara semua .

mudah-mudahan puasa nya tahun ini lancar ngga bolong-bolong ya .apa lagi kumat-kumatan kek taun-taun belakang 😁

Jadi karna masih minggu pertama puasa.  banyak orang  mungkin memilih diem di rumah menghabiskan waktu bersama keluarga.

di banding pergi keluar berpanas-panasan salah satu alasan kenapa pegunjung di tempat kerja gue hari ini sepi sunyi kek kuburan πŸ˜±πŸ˜¬πŸ˜¬πŸ˜€

Bulan puasa memang selalu penuh berkah .
hlaahh ....sepi pengunjung kok malah berkah ??

iya berkah buat pekerja maksut nya, tapi kalau buat boss musibah mah itu nama nya πŸ˜‚πŸ˜‚

karena setidak nya untuk beberapa hari sampai pertengahan bulan puasa kedepan, kerjaan gw bisa sedikit lebih santai jadi bisa sambil facebokan atau buka youtube nonton dangdut koplo pantura

Hemmmb dasar pekerja kurang ajar ..!!😁

tapi berhubung hari ini puasa.
ngga' ..  kok ....ngga'...
gw lagi ngga nonton video-video dangdut panggung dan sejenis nya.

karna di samping membuat mata merah. makna puasa sendiri selain menahan rasa haus dan lapar, juga harus menahan mata melihat hal-hal yang mengurangi pahala puasa tersebut .

agar puasa kita bener-bener afdol di trima dan dapet pahala bukan begitu kata pak ustadz .

terus apa hubungan nya crita lo sama judul postingan di atas. malah ngomongin dangdut dan bawa-bawa nama pak ustadz segala. jaka sembung bawa golok kagak nyambung sama judul nya blok ..!!

Hembb mohon sedikit bersabar, yang empu nya blog lagi berusaha merangkai kata untuk segera menjelas kan nya kepada anda.

okey berhubung anda udah mulai ngga sabar . tanpa bertele-tele lagi .gw akan coba jelasin .

Jadi begini, barusan gue tadi liat video di youtube ada seorang bule, yang lagi ngejelasin perbedaan antara bahasa indonesia dan bahasa malaysia .

gw sempet sih nonton sebentar, tapi karna gw sendiri udah paham, perbedaan bahasa di antara kedua negara . Gue skip aja video nya karena gw lebih tertarik membaca komentar -komentar di bawah nya .




dan seperti biasa kalau menyangkut nama kedua negara.pasti selalu ada sentimen di dalam nya. Kan bener saja ....

ketika membaca koment-koment di bawah nya .banyak orang yang saling gontok -gontokan .

saling klaim, saling menghujat, saling memaki dan saling hina pakai kata-kata kasar khas kedua negara .mereka adalah tentara-tentara media sosial yang berjiwa patriotis dari kedua negara , yang siap membela negara masing-masing sampai titik quota data internet mereka tinggal 0,000/ Kbps saja  πŸ˜€πŸ˜€


jadi muncul pertanyaan, kenapa sih indonesia dan malaysia sering bersitegang dan saling cakar-cakaran ?? Kenapa kok ngga' berdamai rukun  saling mengasihi dan menyangi seperti adik kakak ??


padahal kalau di pikir-pikir kita ini kan, dari mayoritas suku yang sama yaitu etnis melayu dan mayoritas agama yang sama yaitu agama islam .

walaupun indonesia memang lebih beragam dari segi etnis dan agama.

tapi terus kenapa ? malah pada saling ribut gontok-gontokan saling maki dan saling menghujat .kenapa kok ngga' pada damai dan saling berpegangan tangan .


sebenernya apa yang ngebikin indonesia dan malaysia itu seperti musuh bebuyutan kek kucing dan anjing yang lagi berebut tulang .

Anda bingung kenapa ?? apa lagi saya πŸ˜‚πŸ˜‚

Tapi tenang aja karena ini bulan puasa itung2 ngamal gw akan mencoba sekuat tenaga ngasih penjelasan panjang lebar  kepada anda tapi panjang doang ding lebar enggaaaakkkkk..... 😁,😁

Jadi sebener nya memang ada beberapa faktor sih yang melatar belakangi gaduh-gaduh sayang antara indonesia dan malaysia .

tapi di sini gw cuma mau ngebahas satu faktor yang menurut gw .menjadi biang kerok pergaduhan antara indonesia dan malaysia .

Karena menurut gw satu faktor ini lah  yang menurut gw paling berpengaruh banget ngebuat kedua negara sering ngga akur ,

Faktornya ialah  " letak kedua negara "

ya.. letak kedua negara lah yang sangat berpengaruh menciptakan gesekan antara kedua negara . karna letak kedua nya yang berdekatan .justru kedekatan ini lah yang sering memuncul kan gesekan di antara kedua nya.

coba kalau misal malaysia itu letak nya jauh di timur tengah sana. misal di arab saudi atau di palestina .gw yakin kedua nya ngga' akan bersitegang

indonesia akan mengganggap malaysia layak nya palestina yang di anggap saudara satu islam . sebalik nya  jika letak indonesia itu jauh di timur tengah sana, malaysia juga akan menganggap indonesia saudara satu islam juga .

tapi karna letak kedua negara berdekatan  justru itu lah yang malah menimbulkan pergaduhan .

Dari saling klaim budaya, perbatasan wilayah , masalah TKI dan dalam dunia olahraga juga syarat gengsi yang berujung saling caci maki para pendukung diantara kedua belah pihak .


padahal kalau kita mau berpikir jernih dan menipikan ego masing2 .kita bisa lebih saling mengasihi di banding saling  membenci.

Karena jika di antara kedua negara terjadi musibah atau bencana .

negara pertama yang akan membantu adalah negara terdekat .

Kata kan lah malaysia kena musibah indonesia lah negara pertama yang menolong dan memberi bantuan.

sebalik juga jika indonesia terkena musibah malaysia lah negara yang pertama kali menolong dan memberi bantuan .

bukan arab saudi bukan iran bukan bahrain atau amerika dan negara-negara yang nun jauh di ujung sana .

walaupun tidak di pungkiri juga beberapa negara di dunia juga pasti ada yang mengulurkan bantuan ketika indonesia dan malaysia terkena musibah .

tapi tetap  negara terdekat lah yang pertama kali akan mengulurkan tangan .

dan harus nya rakyat kedua negara sadar betapa kedua negara ini saling membutuh kan ..

bukan malah menganggap negara jauh sebagai sahabat dan menganggap negara terdekat sebagai musuh bebuyutan ...





sebener nya ketegangan antara negara satu dengan negara lain nya .bukan cuma indonesia dan malaysia saja , ada juga negara yang letak nya berdekatan yang sering bersitegang juga .

ada korea selatan dan korea utara bahkan kedua negara ini , terus bersitegang bahkan hubungan kedua nya sering memanas dan siap kapan pun untuk perang

Thailand dan kamboja negara yang berdekatan yang juga sering terlibat konflik karna masalah perbatasan.

di asia selatan ada india dan pakistan kedua negara yang sering bersitegang karna saling klaim kepemilikan wilayah .
bahkan di timur tengah ada iran dan irak tahun 1980-1988 pernah berperang .



Terkadang kedekatan justru malah membuat kita jadi jauh dan yang jauh malah terkadang terasa dekat . sangat ironis memang .

seperti kalau kita dekat sama sudara atau sahabat , kadang yang deket malah sering cekcok dan ngga'  akur dan sering salah paham .

tapi saudara atau sahabat yang jauh malah terasa dekat.merasa kangen dan rindu lalu di bangga-bangga kan .

padahal kalau ada masalah yang dekat lah yang pertama ada .

Mungkin indonesia dan malaysia bisa damai ngga' bersitegang dan ngga' cakar- cakaran lagi . kalau kedua nya berjauhan .

jadi indonesia akan kangen sama malaysia dan malaysia akan rindu indonesia


Tapi gimana cara nya  ?? ada cara nya kok, kalau salah satu nya mengalah, lalu pindah  ke timur tengah sana hahahha πŸ˜‚πŸ˜‚..!!

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer